Home » Uncategorized » SBY menepati Janji pada Dr Pius Ketaren

SBY menepati Janji pada Dr Pius Ketaren

Kawan-kawan peneliti ternyata kita sekarang telah menerima kenaikan fungsional yang cukup signifikan yang tentunya juga menuntut adanya peningkatan kinerja yang signifikan dalam ikut berpartisipasi bagi kemajuan negara ini melalui penelitian, narasumber maupun kosultan pertanian dll., dalam berbagai langkah tindak lanjut terutama bagi kemajuan pertanian di Indonesia.
Jumlah “bulan” rapel fungsional yang kita terima tidak biasa yaitu 5 bulan yang dibayarkan dalam bulan Januari Th 2013; ada yang menerima pada tanggal 29 dan ada yang 30 Januari 2013.
Tahukah kita apa salah satu penyebabnya?
Ternyata hal tersebut antara lain disebabkan karena Dr. Pis Ketaren dari Balitnak berhasil membuat SBY mengalirkan airmata ketika berkunjung ke Balitnak tanggal 26 Agustus Tahun 2011. Perlu diketahui bahwa kunjungan RI 1 dan beberapa Menteri tersebut adalah kunjungan mendadak tanpa ada pendekatan dari KEMENTAN, tetapi atas permintaan istana, sehingga sehingga tidak ada pengeluaran khusus untuk protokoler Kunjungan RI 1.
 
Dr Pius Ketaren ketika diminta untuk menyampaikan kesan dan pesan peneliti kepada Bapak Presiden RI mengatakan banyak hal tentang kesuksesan penelitian yang telah dihasilkan oleh para peneliti Lingkup Kementan dan pemanfataannya dalam pembangunan pertanian nasional dstnya…….. kemudian melanjutkan bahwa, sayangnya penghargaan pemerintah berupa tunjungan fungsional kepada para peneliti yang telah menduduki jabatan tertinggi setara IV e hanya sebesar pembantu di Istana yaitu sebesar Rp.1,4 juta rupiah per bulan dan tidak cukup untuk biaya sekolah anak ke PT. (disinilah SBY perlu menghapus airmatanya)
 
Kemudian Pak Pius ditanya oleh SBY masih berapa lama saudara bekerja sebagai peneliti di Badan Litbang Pertanian? Pius menjawab saya akan pensiun dalam bulan September Tahun 2012. Jawab SBY, Insya Allah sebelum anda pensiun sudah akan ada peningkatan penerimaan bagi para peneliti melalui Tunjangan Fungsional Peneliti,  tetapi perlu diingat bahwa hal ini bukan janji saya, tetapi akan diusahakan besarannya sesuai kemampuan negara. Dan SBY di depan para hadirin langsung menugaskan MENSEKNEG untuk segera menindak lanjuti hal tersebut. Dan Pak Pius dalam beberapa kesempatan diundang untuk ikut dalam pembahasan pendahuluan tentang hal tersebut.
 
Dan.. sekarang hasilnya kita nikmati bersama.
Terima kasih rekan Dr Pius Ketaren… dan selamat menikmati masa purna tugas dari BADAN LITBANG PERTANIAN.
 
Ternyata SBY menepati janji kepada Para Peneliti. Terima kasih Bapak Presiden RI.
 

Leave a comment